Sunday, November 15, 2015

Koktail Dan Macam Ragamnya

APA ITU COCKTAIL?

Koktail (bahasa Inggris: cocktail) adalah minuman beralkohol yang dicampur dengan minuman atau bahan-bahan lain yang beraroma. Sebelum disajikan dalam gelas khusus koktail, minuman ini diaduk atau diguncang-guncang supaya bahan-bahannya tercampur. Minuman beralkohol yang sering dijadikan koktail adalah gin, wiski, rum, dan terutama vodka. Cocktail biasanya dibuat dari satu jenis atau lebih minuman beralkohol ditambah perisa berupa liqueur, sari buah, gula, madu, air, es, minuman karbonasi, susu, krim susu, rempah-rempah, bitters, dan sebagainya.

APA BEDANYA DENGAN MOCKTAIL?

Mocktail adalah aneka minuman ringan (tetapi tidak beralkohol) yang biasa kita minum setelah makan. Bisa bersoda atau tidak, dan rata-rata mengusung rasa yang manis. Hampir semua bahan bisa kita jadikan mocktail, dari yang berat seperti es krim atau dapat juga dengan buah-buahan, atau bahkan dengan sayur-sayuran, semuanya dapat dijadikan bahan dasar pembuatan mocktail asalkan kita tahu bagaimana memadukannya dengan cairan lain seperti sirup atau soda.

Macam - macam Cocktail :


1. Mojito adalah sebuah minuman keras khas Kuba. Mojito biasanya dibuat dari lima bahan: rum putih, gula (biasanya gula tebu), limun, air soda, dan daun mint. Kombinasi antara rasa manis, limun yang segar dan mint dimaksudkan untuk menutupi rum yang efeknya keras.





2. Pina Colada adalah sejenis Cocktail berbahan dasar Rum manis yang dibuat dari Rum, krim kelapa dan jus nanas, biasanya disajikan dengan cara dikocok atau diaduk dengan es. Pina Colada bisa diberi hiasan dengan irisan buah nanas atau ceri ataupun keduanya. Pina Colada telah menjadi minuman keras resmi Puerto Rico sejak tahun 1978.






3. Cosmopolitan atau yang dikenal dengan sebutan Cosmo biasanya dipesan oleh wanita. Dibuat dari vodka, triple sec, cranberry jus, dan perasan air lemon.





4. Dihidangkan pertama kali di Arizona Baltimore Hotel pada tahun 1930. Cocktail yang satu ini terbuat dari campuran Tequila, orange juice, dan grenadine. Dengan gelas tinggi dan warna yang cerah.




5. Nama Daiquiri berasal dari nama pantai di Kuba. Daiquiri adalah cocktail yang bahan dasarnya terdiri dari rum putih, gula, dan air perasan lemon. Dibuat oleh Jenning Cox, seorang insinyur pertambangan di amerika saat terjadi perang antar amerika – spanyol.



6. Black Russian adalah Cocktail yang terbuat dari campuran Vodka dan Coffee Liqueur (biasanya terdiri dari tiga bagian Vodka untuk dua bagian Coffee Liqueur, per label botol Kahlua, atau lima bagian Vodka untuk dua bagian Coffee Liqueur, per bahan-bahan yang ditentukan menurut IBA) dan kadang-kadang dicampur dengan Cola. Kalau dicampur dengan Cola, maka akan disebut dengan Dirty Black Russian, berlawanan dengan Clean yang tidak menggunakan Cola. Secara Tradisional Black Russian dibuat dengan menuangkan Vodka diatas es batu atau pecahan es ke dalam Gelas kuno, seperti halnya Coffee Liqueur. Ane lebih suka versi white russian-nya





7. Screwdriver adalah minuman jenis highball populer yan dibuat dari jus jeruk segar dan Vodka. Terkadang juga disebut “Vodka and Orange”. Ada banyak variasi minuman yang hanya memiliki dua bahan dasar, dan juga memiliki beberapa nama yang dapat ditemukan di seluruh dunia.














No comments:

Post a Comment